Kamis, 11 November 2010

Pengertian Periferal komputer

1. Motherboard

Adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor, RAM, Hardisk, VGA, Audio dan peripheral lainnya.

2. Processor

Adalah sebuah IC yang sebagai otak atau pusat pengendali dari computer yang berfungsi mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system computer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai 1,4 GHz (Giga Hertz).

3. RAM ( Random Access Memory )

Adalah perangkat yang berfungsi mengelolah data atau intruksi dan RAM ini bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat di hapus.

4. ROM ( Read Only Memory )

Adalah perangkat keras pada computer berupa chip memory semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca dan ROM ini bersifat permanent atau data yang tersimpan tidak dapat di hapus.

5. Video Card

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya. Saat ini ada VGA dengan memori 16, 32 hingga 128 Megabyte. Jenisnya yang terkenal adalah GeForce buatan perusahaan Nvidia.

6. Sound Card

Adalah sebuah perangkat multimedia berbentuk seperti kartu yang berfungsi untuk mengolah suara pada computer dan sound card ini terpasang di motherboard.

7. Hard Disc

Adalah salah satu media penyimpanan data pada computer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen komponen elektronik lainnya.

8. Optical disc drive

Adalah komponen yang digunakan untuk membaca atau menulis media penyimpanan optical seperti CD ROM dan DVD ROM.

9. Monitor

Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer

Adalah Media output untuk menampilkan atau memperlihatkan infromasi sehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia.

10. Keyboard

Adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol tombol untuk mengetik kalimat dan symbol symbol khusus lainnya pada computer dan jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

11. Mouse

Adalah perangkat yang berfungsi mengerakkan pointer, menunjukkan perintah atau program pada layar monitor, juga terdapat klikan kiri dan klik kanan.

12. Power Supply

Adalah sebuah perangkat yang ada di dalam CPU yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar